Edelweiss sang pelopor

Posted: 21 Juli 2011 in Lingkungan
Tag:, , , ,

Setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan edelweiss, apalagi bagi para pecinta tanaman, peneliti tumbuhan, serta para pendaki gunung. Seperti yang terkandung dalam namanya, edelweiss memiliki makna sebagai tumbuhan yang memiliki bunga berwarna putih serta diidentikkan suci (jerman, edel ; putih, weiss ; suci).

Edelweiss merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di kawasan hutan montana, hingga kawasan hutan sub alpen pada ketinggian 2.900 mdpl. Tanaman yang bunganya menjadi tempat favorit bagi burung tiung batu licik bersarang ini, juga merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi pelopor bagi kelangsungan hidup jenis tumbuhan lainnya.

Seperti sifat pada tanaman pelopor lainnya, edelweiss juga dapat tumbuh berkoloni dengan jumlah yang banyak pada daerah-daerah yang mustahil ditempati oleh tanaman- tanaman lain.

Salah satu tanggung jawab yang harus diemban oleh edelweiss sebagai tanaman pelopor adalah mempersiapkan suatu daerah / kawasan yang awalnya minim unsur-unsur kehidupan, menjadi suatu daerah / kawasan yang memungkinkan ditumbuhi oleh jenis-jenis tanaman lain.

Edelweiss bersama-sama tanaman pelopor lainnya, macam rerumputan serta lumut saling bahu-membahu memulihkan kesuburan tanah, dengan mengeluarkan zat-zat organik melalui akar-akarnya yang telah mengalami proses mikoriza dengan jenis jamur tanah tertentu, sehingga dapat membantu tumbuhnya jenis tanaman yang lain.

Hem.., ternyata selain berpredikat sebagai bunga abadi, edelweiss juga menjadi pelopor dalam memulihkan kondisi tanah.

Edelweiss memang tanaman dewa.

Referensi tambahan : http://id.wikipedia.org

NB :

Mikoriza : Suatu kelompok fungi (jamur) yang bersimbiosis dengan tumbuhan tingkat tinggi, khususnya pada sistem perakaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s